Mengintip 6 Jenis Kain Scuba Sebagai Bahan Pembuat Print Masker

Meski sudah memasuki era new normal, namun selama virus corona belum benar benar hilang maka masyarakat masih diwajibkan untuk menggunakan masker saat berada di area publik. Hal ini membuat banyak pelaku usaha mulai berbisnis Print Masker dari berbagai jenis kain, salah satunya dengan bahan kain scuba. Berikut jenis jenis kain scuba yang bisa digunakan.

 


Jenis Kain Scuba untuk Membuat Masker
1. Sangat Ringan
Jenis kain scuba yang pertama yaitu sangat ringan, yang identik dengan kain tipis. Ukuran gramasi atau berat rata rata kain jenis satu ini tidak menyentuh lebih dari angka 200 gram. Kain dengan gramasi kategori sangat ringan sendiri umumnya memiliki ukuran antara 1 hingga 135 gr/m2. Yang berarti kain scuba tersebut adalah yang paling tipis dari jenis lainnya.


Sehingga anda tidak direkomendasikan menggunakan kain jenis sangat ringan ini, sebagai bahan pembuat masker. Oleh karena itu beberapa saat yang lalu pemerintah mewanti wanti orang yang menggunakan masker scuba, pasalnya ada saja produsen yang membuat masker dengan bahan scuba sangat ringan. Padahal kain ini tidak dapat menangkal materi atau partikel dari luar.


2. Ringan
Jenis kain scuba dengan kategori ringan, juga masih kurang cocok bila dijadikan sebagai print masker. Sebab jenis ini tidak terlalu jauh berbeda dari kategori sangat ringan, yaitu gramasinya kainnya masih tidak lebih dari 200 gram. Dengan kata lain kain scuba jenis ringan juga tidak mampu menghalau partikel dari luar, yang bisa saja masuk ke dalam mulut atau hidung.


3. Menengah
Untuk kain yang masuk dalam klasifikasi berat medium, biasanya mempunyai ukuran gramasi antara 200 hingga 270 gram. Yang berarti ketebalannya tidak terlalu tipis, juga tidak terlalu tebal alias menengah. Jenis ini banyak dimanfaatkan untuk pembuatan masker kain, karena mampu menangkal partikel dari luar namun tidak mengganggu pernapasan seseorang.


Kain scuba dengan gramasi medium tersebut memiliki bahan yang cukup untuk sirkulasi udara masuk, namun masih bisa menghalau materi materi dari luar seperti debu dan kotoran. Oleh sebab itu banyak yang menganjurkan untuk menggunakan print masker scuba untuk olahraga di luar ruangan. Pasalnya penggunaan masker diwajibkan untuk segala aktivitas luar ruangan.


4. Menengah Berat
Selanjutnya ada kategori kain menengah berat, yang mempunyai gramasi antara 270 gr/m2 hingga 340 gr/m2. Tidak terlalu jauh berbeda dengan kategori menengah, namun kain scuba semi medium ini memiliki ketebalan yang jauh lebih sempurna. Sehingga sangat cocok digunakan untuk bahan pembuat masker, karena bisa memberi proteksi lebih terhadap kuman dan bakteri.


5. Berat
Kain dengan klasifikasi heavy umumnya memiliki ukuran gramasi antara 340 hingga 400 gram, yang berarti proteksinya terhadap materi luar seperti debu, kotoran, virus, bakteri, dan lain sebagainya memang bagus. Namun bahan ini tidak pas bila digunakan untuk masker, sebab bisa mengganggu pernapasan anda ketika digunakan.


6. Sangat Berat
Terakhir ada bahan kain scuba kategori sangat berat atau very heavy, yang mempunyai berat di atas 400 gram. Tentunya jenis ini sangat tidak cocok untuk dijadikan sebagai bahan pembuat print masker, pasalnya jenis kain sangat berat biasanya masuk ke dalam jenis scuba wol. Jadi anda bisa memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai jaket, agar dapat menghalau hawa dingin.


Jenis jenis kain scuba di atas merupakan klasifikasinya berdasarkan gramasi kain. Dimana anda bisa menggunakan bahan medium dan semi medium untuk pembuatan masker. Di luar itu sebaiknya tidak digunakan, sebab yang terlalu tipis tidak akan memberi perlindungan pada diri. Sementara yang terlalu tebal juga tidak cocok karena bisa mengganggu pernapasan.

Mengintip 6 Jenis Kain Scuba Sebagai Bahan Pembuat Print Masker Mengintip 6 Jenis Kain Scuba Sebagai Bahan Pembuat Print Masker Reviewed by Bocah Zaen on 06.39 Rating: 5